Fitnah dan Bid’ah Wahaby (Salafy Palsu) di Bulan Ramadhan
Fitnah dan Bid’ah Wahaby (Salafy Palsu) di Bulan Ramadhan (2) : dalil Waktu sahur dan Imsyak
- Wahaby mensyariatkan Shalat Sunnah Tarawih 8 rekaat, padahal tidak ada satupun Imam Madzab Sunni yang mensyariatkan bahkan Ibnu Taymiyahjuga fatwakan tarawih 20 rekaat
- Wahaby Mensyariatkan Makan Sahur sampai mendekati waktu iqamat shalat subuh dengan dalih mengakhirkan sahur.
- WahabyMembid’ahkan Niat Puasa Wajib di Bulan Ramadhan
- Wahaby Membid’ahkan amalan membangunkan sahur dan shalat malam
- Wahaby Membid’ahkan membaca shalawat kepada nabi dan shahabat selepas shalat tarawih
- Wahaby Membid’ahkan komando diantara shalat tarawih
- wahaby Membid’ahkan tadarus dibulan ramadhan
- Wahaby Membid’ahkan ziarah kubur dibulan ramadhan
Dibulan
ramadhan yang penuh berkah ini, Allah Subhanahu wata’ala melipat
gandakan pahala amalan sunnah sehingga menjadi seperti pahala amalan
wajib. Sedangkan amalan wajib adalah seumpama menunaikan 70 amalan
wajib (fardhu) dibulan yang lain (Mafhum hadits dari Salman Ra. hadits
Riwayat Imam baihaqi, Ibnu Hibban, Ibnu khuzaimah, al-ashbahani, dalam
kitab shahihnya dsb).
Maka
umat islam berbondong-bondang melakukan amalan-amalan sunnah pada bulan
ramadhan ini. Malangnya musuh islam wahhaby menyebarkan fitnah dan
membidahkan amalan umat islam (Lihat artikel sesat wahaby Majalah
Al-Furqon, Edisi Khusus Th. Ke -9 Romadhon-Syawal 1430 H (September dan
Oktober 2009) hal. 35-38. dan kitab sesat “Qiyamu Ramadhan”, karya
Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani, edisi Indonesia “Shalat Tarawih
Bersama Rasulullah Shallallahu˜alaihi wa sallam , Penerjemah : Qomar
Suâ’aidi, Cetakan Pertama, Penerbit Cahaya Tauhid Press))
Hamba
yang dhaif ini mencoba membuat bantahan terhdap fitnah wahaby dibulan
ramadhan, bagi anda yang lebih alim dan lebih teliti lagi mungkin akan
menemukan lebih banyak lagi dalil-dalil untuk membantah fitnah keji kaum
mujasimmah wahhaby badwi najd ini.
I. Wahaby mensyariatkan Shalat Sunnah Tarawih 8 rekaat, padahal tidak ada satupun Imam Madzab Sunni yang mensyariatkan
Menurut
pendapat jumhur iaitu mazhab Hanafi, Syafi’e dan Hanbali: 20 rakaat
(selain Sholat Witir) berdasarkan ijtihad Sayyiduna Umar bin Khattab.
Menurut mazhab Maliki: 36 rakaat berdasarkan ijtihad Khalifah Umar bin
Abd al-Aziz. Imam Malik dalam beberapa riwayat memfatwakan 39 rakaat[6].
Walau bagaimana pun, pendapat yang masyhur ialah mengikut pendapat
jumhur bahkan ibnu taymiyah juga tarawih 20 rekaat!!!. Lihat dalam kitab
fiqh 4 madzab dibawah ini :
Dalam Kitab “shalat tarawih 20 rekaat karya mufti mesir juga disebutkan seperti diatas :
Di Sisi Syafeiyyah bilangan raka’at terawih adalah 20 rakaat dan bukan 8 sebgaimana yang digembar-gemburkan oleh Mutasyaddid(pelampau) wahabi !
Didalam muka surat ini pula dijelaskan kenyataan Ibnu Hajar yang menyatakan di sisi kami selain ahli Madinah adalah 20 raka’at.sementara Ahli Madinah melakukan mereka itu dengan 36 raka’at.
Ibnu Taymiyah yang katanya imam badwi Najd wahaby juga fatwakan tarawih 20 rekaat :
Bacalah
sendiri penulisan Dr Ali Juma’ah tantang terawih .Nak terjemahkan
kurang masa.Walaubagaimana pun telah ana jelaskan dalam tajuk Terawih 20
rakaat. Didalam penulisan Dr Ali Jumaah juga menyatakan Ibnu Taimiyyah
yang didokong oleh golongan MUTASYADDID(pelampau) juga memfatwakan
bilangan rakaat terawih 20 rakaat.
Untuk dalil-dalil dalam perkara ini lihat pada artikel ini di bagian pertama.
http://salafytobat.wordpress.com/2009/09/04/fitnah-dan-bid%E2%80%99ah-wahaby-salafy-palsu-di-bulan-ramadhan-1/
II. Wahaby
Mensyariatkan Makan Sahur pada saat fajar sidiq telah tiba (sampai
mendekati waktu iqamat shalat subuh dengan dalih mengakhirkan sahur).
Wahaby mentafsirkan makna hadits “mengakhirkan sahur” dengan makna :
mensyariatkan makan sahur sehingga lewat fajar sidiq bahkan mendekati waktu iqamat shalat subuh!
Padahal
waktu puasa yang sebenarnya adalah dari terbit fajar sidiq sampai
terbenam matahari sehingga menurut imam madzab manapun akan batal puasa
orang yang menyengaja makan setelah tahu fajar sidiq sudah tiba.
Adapun beberapa riwayat tentang sahabat yang masih makan sahur sewaktu adzan subuh adalah :
-
Kita pahami Mereka (para sahabat) memulai sahur sebelum adzan subuh
(sebelum fajar sidiq) tetapi saat adzan subuh dikumandangkan mereka
masih belum selesai makan. Jadi mereka secepatnya menghabiskan makanan
tersebut. Bukan menyengaja memulai makan setelah tahu fajar sidiq telah
datang. Hati-hatilah dengan tafsiran ahlul hawa khawarij wahhaby!
Dalil-dalil Waktu Sahur dan Hukum Imsak
- Firman
Allah:”Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan
isteri-isteri kamu, mereka itu adalah pakaian, dan kamu pun adalah
pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasannya kamu tidak dapat
menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf
kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang
telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu
benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian
sempurnakanlah puasa itu sampai malam,(tetapi) janganlah kamu campuri
mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangang Allah,
maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan
ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertaqwa”. (QS. 2:187).2.
HR. Bukhari:Dari Sahl bin Sa’d, ia mengatakan: “diturunkan oleh Allah
ayat ” .. dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari
benang hitam” dan belum diturnkan kalimat “yaitu fajar [minal fajr]“,
maka masyarakat kalau ingin melaksanakan puasa, salah satu diantara
mereka mengaitkan benang putih dan benang hitam, dan mereka meneruskan
makan hingga terang bagi mereka keduanya. Lalu Allah menurunkan kalimat
“minal fajr, yaitu fajar”, maka mereka tahu, bahwa yang dimaksud adalah
malam dan siang.3. HR. Turmudzi:Dari Samurah bin Jundub ra, ia
mengatakan: RasululLah SAW mengatakan: Janganlah adzan Bilal melerai
sahur kalian, dan juga fajar yang memanjang, akan tetapi [yang melerai
adalah] fajar yang menyebar di ufuk.4. HR. Bukhari:Dari Abdullah bin
Mas’ud, dari Nabi SAW, ia mengatakan: Janganlah adzan Bilal mencegah
salah satu di antara kalian dari makan sahurnya , karena ia
mengumandangkan adzan di tengah malam, untuk mengingatkan di antara
kalian yang bangun dan untuk membangunkan di antara kalian yang tidur.5.
HR. Bukhari:
.
Dari ‘Aisyah ra, dari Nabi SAW, ia mengatakan: “Sesungguhnya Bilal mengumandangkan adzan di malam hari, Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : ‘Makan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum adzan. Karena dia tidak akan adzan kecuali setelah terbitnya fajar shadiq” [9] (HR. Bukhari no. 1918, 1919)..
6. HR. Bukhary Muslim
diriwayatkan dari Anas radliyallaahu ‘anhu dari Zaid bin Tsabit bahwa dia pernah berkata :
”Kami
pernah makan sahur bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, kemudian
kami berangkat shalat (shubuh). Maka aku (Anas) berkata : “Berapa lama
jarak antara adzan dan makan sahur? Ia (Zaid) menjawab : خمسين آية
(kira-kira bacaan lima puluh ayat dari Al-Qur’an)” (HR. Bukhari no. 1921
dan Muslim no. 1097; ini adalah lafadh Al-Bukhari).
Berdasarkan
hadits No. 5, maka inilah waktu yang paling tepat untuk berhenti makan
atau sahur yaitu kadar membaca 50 ayat al-quran (dengan tartil dan
wajar) sebelum adzan subuh (pada zaman nabi adzan ummi maktum).
Jadi
pada zaman rasulullah ada dua adzan yaitu adzan bilal untuk
membangunkan manusia agar shalat tahajud dan sahur, serta yang kedua
adzan ummi maktum untuk shalat subuh.
Inilah
salah satu dasar waktu imsak (waktu yang meragukan antara malam dengan
fajar sidiq) yang mana seorang muslim akan berhati-hati atas perkara
yang subhat ini.
Habib
Hasan bin Ahmad bin Saalim al-Kaaf menyebut dalam “at-Taqriiraat
as-Sadiidah fil Masaa-ilil Mufiidah” yang merupakan talkhish daripada
ajaran guru-guru beliau terutama sekali al-’Allaamah al-Faqih
al-Muhaqqiq al-Habib Zain bin Ibrahim bin Zain BinSmith, pada halaman
444 menyatakan, antara lain:-
و يمسك ندبا عن الأكل قبل الفجر بنحو خمسين آية – ربع ساعة
…”Dan
imsak daripada makan (yakni bersahur) itu mandub (disunnatkan) sebelum
fajar kira-kira sekadar pembacaan 50 ayat ( sekadar seperempat jam @ 15
minit)”. Yakni seseorang itu disunnatkan melakukan imsak sebelum fajar
kira-kira 15 minit atau kadar pembacaan 50 ayat yang sederhana dengan
kelajuan yang sederhana. Inilah yang dimaksudkan oleh ulama kita sebagai
waktu imsak yang disunnatkan sebagai langkah berhati-hati dan mengikut
sunnah Junjungan Nabi s.a.w. Sedangkan imsak setelah masuk fajar adalah
wajib. Oleh itu seseorang masih boleh makan-minum selepas waktu imsak
tadi selagi mana waktu Subuh belum masuk kerana imsak pada waktu itu
dihukumkan sunnat. Tidaklah benar dakwaan yang dibuat oleh Hafiz Firdaus
& the gang yang menyatakan bahawa menetapkan waktu imsak beberapa
minit sebelum fajar itu sebagai bid`ah dan tidak punya dasar dalam
Islam. Ukuran minit-minit tersebut diambil daripada kadar pembacaan 50
ayat tersebut, yang merupakan kadar yang dinyatakan dalam beberapa
hadits shohih sebagai senggang waktu antara sahur Junjungan s.a.w.
dengan masuknya sholat. Antara hadits-haditsnya ialah yang diriwayatkan
oleh Imam al-Bukhari berbunyi:-
عَنْ
أنس عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال تَسَحَّرْناَ مع النبي صلى الله عليه
و سلم ثم قام إلى الصلاة. قلت: كم كان بين الأذانِ و السُّحُوْرِ؟ قال:
قَدْرُ خَمْسِيْنَ آيةً
Daripada
Sayyidina Anas meriwayatkan bahawa Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a.
berkata: “Kami telah makan sahur bersama-sama Junjungan Nabi s.a.w.,
kemudian baginda bangun mengerjakan sembahyang. Sayyidina Anas bertanya
kepada Sayyidina Zaid:- “Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan masa
makan sahur itu ?” Dia menjawab: “Kira-kira sekadar membaca 50 ayat.”
Hadis
ini menunjukkan bahawa jarak atau senggang masa antara bersahurnya
Junjungan s.a.w. dan azan Subuh ialah kira-kira 50 ayat. Sekali-kali
ianya tidak membawa makna yang Junjungan s.a.w. makan sahur sehingga
berkumandang azan Subuh, yang jelas ialah ia menyatakan bahawa Junjungan
bersahur dan berhenti kira-kira kadar pembacaan 50 ayat sebelum masuk
waktu Subuh. Inilah yang difahami oleh para ulama kita sehingga
menetapkan kesunnahan berimsak dalam kadar pembacaan 50 ayat tersebut
yang dianggarkan pada kadar 10 – 15 minit. Senggang masa antara sahur
dan masuk fajar (azan subuh) yang dinamakan sebagai waktu imsak yang
dihukumkan sunnat imsak (menahan diri daripada perkara membatalkan
puasa), diperjelaskan lagi dalam sepotong hadits yang juga riwayat Imam
al-Bukhari berbunyi:-
عَنْ
أنس بن مالك رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه و سلم و زيد بن ثابت
تَسَحَّرَا، فلما فرغا من سحورهما قام نبي الله صلى الله عليه و سلم فصلى.
قلنا لأنس: كم كان بين فراغهما من سحورهما و دخولهما في الصلاة ؟
قال: قدر ما يقرأ الرجل خَمْسِيْنَ آيةً
قال: قدر ما يقرأ الرجل خَمْسِيْنَ آيةً
Daripada
Sayyidina Anas bin Malik r.a. bahawa Junjungan Nabi s.a.w. bersahur
bersama-sama dengan Sayyidina Zaid bin Tsabit. Apabila kedua mereka
selesai daripada sahur mereka, baginda bangun mendirikan sembahyang.
Kami bertanya kepada Anas: “Berapa lamakah masa (senggang waktu) di
antara selesai mereka berdua daripada sahur dan masuk mereka berdua
kepada sembahyang (yakni “berapa lamakah masa antara selesai Junjungan
dan Zaid bersahur dan masuknya waktu sholat Subuh”). Dia menjawab:
“Sekadar 50 ayat yang dibacakan seseorang.”
7. Mukmin wajib meninggalkan perkara yang subhat
عَنْ
أَبِي عَبْدِ اللهِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا
قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ :
إِنَّ الْحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا
أُمُوْرٌ مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ
اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدْ اسْتَبْرَأَ لِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ، وَمَنْ
وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ، كَالرَّاعِي يَرْعىَ
حَوْلَ الْحِمَى يُوْشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيْهِ، أَلاَ وَإِنَّ لِكُلِّ
مَلِكٍ حِمًى أَلاَ وَإِنَّ حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ أَلاَ وَإِنَّ فِي
الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا
فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلاَ وَهِيَ
الْقَلْبُ [رواه
البخاري ومسلم]
Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah e bersabda: Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Diantara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti
dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang
terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara
yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan
gembalaannya disekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka
lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki
larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah
bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka
baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh
tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati “. (Riwayat Bukhori dan Muslim)
Dari nash-nash di atas, ada beberapa kesimpulan sebagai berikut:
[1]
Waktu berakhirnya sahur [mulai berpuasa] adalah terbitnya fajar yang
menyebar di ufuk, yang dalam fikih disebut sebagai “fajar shadiq”, bukan
fajar yang memanjang vertikal, yang dalam fikih dinamai “fajar kadzib”.
Fajar
kadzib adalah terangnya ufuk secara vertikal, yang beberapa menit
kemudian diikuti oleh kegelapan kembali. Sementara fajar shadiq adalah
fajar yang semakin lama semakin terang hingga matahari terbit.
[2]
Sebelum turun kalimat “minal fajr, [yaitu fajar]“, sebagian sahabat ada
yang mengira, bahwa yang dimaksud dari ayat di muka adalah terangnya
pagi hingga tampak jelas perbedaan antara benang putih dan benang hitam.
Baru setelah turunnya kalimat tsb, mereka mengerti bahwa yang dimaksud
adalah terbitnya fajar. Jadi sejak terbitnya fajar, puasa telah dimulai.
[3]
Pada masa Nabi SAW, ada dua adzan yang dikumandangkan di pagi buta.
Pertama adzannya Bilal ra. sebelum terbit fajar, untuk membangunkan
mereka yang tidur, dan untuk mengingatkan mereka yang telah bangun akan
dekatnya fajar. Karena itu, Nabi memberitahukan kepada para sahabat,
bahwa adzan Bilal tidak untuk mengumandangkan datangnya subuh atau
terbitnya fajar, dus, tidak merupakan peringatan mulainya berpuasa.
“Janganlah adzan Bilal melerai sahur kalian”.
Adzan
kedua adalah adzannya Ibnu Ummi Maktum, yang dikumandangkan saat
terbitnya fajar. Dan ini adalah waktu di mulainya berpuasa.
[4]
Fajar kadzib dan fajar shadiq adalah gejala alam seperti halnya
terbitnya mega merah di ufuk barat [pertanda waktu Maghrib], condongnya
matahari ke barat [pertanda waktu Dzuhur], dan gejala-gejala alam
lainnya. Gejala-gejala alam ini, sejak lama sekali telah dapat diketahui
melalui ilmu falak [astronomi], sehingga untuk mengetahuinya tidak
perlu melalui pengamatan alam secara langsung. Fajar misalnya, untuk
mengetahuinya tidak perlu kita keluar ke alam bebas, kemudian
mengamatinya dengan mata telanjang, akan tetapi cukup dengan
memanfaatkan kemajuan di bidang astronomi.
Karena
itu, penentuan waktu salat kita, dan juga waktu imsak puasa kita,
selama ini secara keseluruhan memakai standar ilmu falak, bukan melalui
pengamatan alam secara langsung. Dan pada kenyataannya, penentuan ini
lebih akurat dan lebih bisa dipertanggungjawabkan ketimbang pengamatan
secara langsung tsb.
[5]
Ilmu Falak yang banyak berkembang di penanggalan kita masih bersifat
“taqdiry”, atau bersifat perkiraan, belum mampu menetapkan waktu dengan
keakuratan 100 %. Masih terdapat keragu-raguan sekitar satu hingga dua
menitan dari waku faktualnya. Karena itu, dalam penanggalan yang banyak
berkembang di negara kita, terdapat waktu “ihtiyath”, waktu preventif
atau jaga-jaga. Misalnya, waktu dzuhur: sesuai dengan ketentuan ilmu
falak yang ada, adalah jam 12:00. Akan tetapi karena keakuratannya belum
mampu mancapai 100 %, maka dalam penanggalan ditambahi lima menit. Jadi
yang tercatat dalam penanggalan adalah 12:05, dengan asumsi ada waktu
preventif 5 menit. Begitu pula waktu-waktu salat lainnya, ada penambahan
antara tiga hingga lima menit dalam catatan di penanggalan.
[6]
Dengan asumsi waktu preventif 5 menit, maka waktu subuh [terbitnya
fajar] yang mestinya jatuh pada jam 4:30 [misalnya], menjadi jatuh pada
jam 4:35 dalam pencatatan di penanggalan. Waktu yang sama, yakni
terbitnya fajar, jika digunakan untuk menentukan mulainya berpuasa, maka
akan terjadi pengajuan jam, dari jam 4:30 menjadi 4:20, dengan asumsi
waktu preventif imsak 10 menit. Kalau waktu preventifnya adalah lima
menit, maka waktu imsak sebagaimana dalam penanggalan adalah 4:25.
Dengan
menghitung dua waktu preventif sekaligus, yakni preventif subuh dan
preventif imsak, maka bisa dimengerti kalau jarak antara waktu imsak dan
adzan subuh adalah 10 hingga 15 menit. Secara teoritik, mestinya waktu
subuh dan waktu imsak adalah sama, yakni terbitnya fajar shadiq, akan
tetapi dalam kenyataan yang tertulis dalam penanggalan bisa terpaut
antara 10 hingga 15 menit.
Dengan
melihat keterangan-keteranan ini, sebaiknya dalam berimsak mengikuti
penanggalan yang ada. Akan tetapi jika terpaksa, bisa saja meneruskan
makan dan minum hingga mendekati adzan subuh sekitar 5 menitan.
Demikian, semoga membantu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar